28 May, 2016

Mengapa Memilih Ikan Hias Sebagai Hewan Peliharaan?


 

Bissmillah . .
kali ini saya akan membahas pertanyaan Mengapa Memilih Ikan Hias Sebagai Hewan Peliharaan?. Berikut beberapa keuntungan yang bisa di peroleh bila memilih ikan hias sebagai hewan peliharaan.








  • Selain menjadi kesenangan pemilik, memelihara ikan hias juga bisa menjadi wahana hiburan bagi keluarga atau siapa saja yang berkunjung ke rumah karena keindahan warna dari ikan hias tersebut.
  • Pengurang stres, dengan melihat ikan hias yang berenang dan warna warni yang terdapat pada ikan hias, dapat mengurangi stres karena keindahaannya.
  • hewan peliharaan yang ideal karena bisa di bilang ikan merupakan satu-satunya hewan peliharaan yang tidak membuat pemiliknya repot atau di pusingkan oleh suara berisik yang di keluarkan. selain itu pemiliknya juga tidak perlu berurusan dengan bulu-bulu yang berterbangan atau di sibukkan dengan kegiatan membersihkan kotoran yang tercecer di lantai atau halaman rumah. namun ikan hias tetap membutuhkan perawatan rutin, baik harian, mingguan, ataupun bulanan, terutama dalam hal kualitas air dan pemberian pakan
Apa yang harus di ketahui sebelum memelihara ikan hias? yang perlu teman-teman ketahui sebelum mmemelihara ikan hias adalah kesanggupan diri serta komitmen dalam merawat dan memelihara ikan hias yang akan di pilih. Hal ini karena setelah di pelihara, ikan akan menjadi sangat bergantung pada pemiliknya, mulai dari pemberian pakan, pemliharaan kolam atau akuarium, sampai masalah kesehatannya. Selain itu terdapat beberapa hal yang harus di persiapkan sebelum merawat ikan hias, yakni sebagai berikut
  • sesuaikan kondisi keuangan dengan jenis ikan yang di pilih, wadah pemeliharaan yang akan di gunakan (kolam atau akuarium), dan peralatan pendukung yang di gunakan (pompa, filter, aerator).
  • Sesuaikan luasan rumah dengan jenis ikan hias yang akan di pelihara, jangan sampai ingin memelihara ikan koi, tetapi tidak memiliki cukup lahan untuk membuat kolamnya.
  • carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai jenis dan sifat ikan hias yang akan di pelihara, cara perawatan, jenis pakan yang sesuai, serta permasalahan yang mungkin timbul.

Teman-teman juga harus menentukan jenis pilihan ikan hias teman-teman, dalam memelihara ikan hias sebaiknya pilih jenis ikan hias yang sesuai dengan tujuan pemeliharaan. Apakah untuk hobi semata atau memang sengaja di jadikan interior isi rumah sehingga sengaja di pamerkan di salah satu ruangan atau teras rumah. Bila demikian pilihlah jenis ikan yang memiliki corak, berwarna menarik, serta sedap di pandang mata. selain itu sesuaikan dengan anggaran yang di miliki. Jika memiliki uang berlebih, bolehlah memilih jenis ikan hias yang berharga mahal. Namun jika anggaran tidak memungkinkan, jangan memaksa untuk memelihara yang mahal karena masih banyak jenis ikan hias dengan harga terjangkau, tetapi tetap memiliki penampilan yang indah.

Itulah beberapa alasan Mengapa Memilih Ikan Hias Sebagai Hewan Peliharaan. Jadi sekarang teman-teman/hobiis sudah paham perbedaan memelihara ikan hias dan hewan peliharaan lainnya.


sekian dulu yang dapat saya bagikan, mohon maaf karena kurang update artikelnya berhubung banyak kesibukan di dunia nyata, tapi tetap saya akan membagikan tips-tips dan beberapa pengertian dalam perawatan ikan hias. See you ;)

No comments:

Post a Comment